Waspada! Ini Ciri-ciri Investasi Bodong, Jangan Sampai Tertipu

Tidak pernah bosan ketika kita membahas mengenai perencanaan keuangan apalagi terkait dunia investasi. Ada saja hal yang menarik untuk disimak dan di perhatikan.

Saat ini banyaknya cerita atau isu negatif berkaitan dengan dunia investasi. Inilah kenapa stigma buruk investasi beredar di tengah masyarakat awam, padahal kalau kita teliti dan paham investasi justru memberikan return yang menguntungkan kepada investor di masa depan.

Maraknya investasi bodong yang di lakukah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menawarkan iming-iming keuntungan sangat besar tanpa risiko. Masyarakat yang tidak paham akan jenis investasi ini akan mudah tergiur dengan keuntungan tanpa ilmu dan jerih payah.

Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong

Bila kamu ditawari investasi yang memiliki ciri-ciri dibawah ini, sebaiknya kamu lebih berhati-hati.

1. Tawaran Keuntungan yang Tidak Masuk Akal

Siapa sih yang tidak mau menerima untung besar saat berivestasi dalam waktu singkat? Tentu dari kita akan langsung menjawab mau dan tergiur saat mendapatkan hasil yang berlipat ganda.

Taktik investasi bodong pada awalnya akan memberikan keuntungan di awal. Mereka melakukan hal tersebut agar Anda menjadi buta dan terlena untuk menginvestasikan Modal yang lebih untuk selanjutnya.

Setelah tujuan oknum investasi bodong tercapai mereka akan kabur dan menghilang membawa dana Anda. Jangan sampai hal tersebut menimpa Anda!

Memang tujuan awal investasi untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi Anda harus curiga dan waspada terhadap tawaran keuntungan yang tidak logis tanpa risiko.

2. Investasi Tanpa Risiko

Untuk memuluskan aksi para oknum investasi bodong, mereka selalu memberikan janji-janji manis dan jaminan investasi tanpa risiko.

Aneh jika ada investasi tanpa risiko. Pada umumnya apapun jenis investasi yang Anda pilih pasti memiliki risiko. baik itu risiko kecil maupun besar.

Keadaan tersebut wajar karena naik turunnya nilai investasi tidak menentu setiap saat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa siatuasi diantaranya adalah ekonomi negara dan nilai mata uang.

Semakin besar dana yang di investasikan maka semakin tinggi pula risiko yang di dapatkan.

Untuk menyakinkan para calon korban, mereka akan memberikan testimoni palsu terhadap keuntungan yang didapatkan dan bebas risiko terhadap kerugian.

3. Memberikan Keuntungan Waktu Singkat

Ketika Anda berinvestasi jangka pendek maka risiko akan kecil dan keuntungan yang didapatkan akan semakin rendah. Sebaliknya ketika Anda berinvestasi jangka panjang maka risiko akan besar dan keuntungan yang didapatkan akan besar juga.

Biasanya investasi bodong, Anda ditawarkan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat tanpa risiko. Mengerikan jika Anda mendapatkan tawaran tersebut. Sebaiknya Anda waspada dan menghindar dari hal tersebut.

4. Tidak Terdaftar di OJK

Ciri-ciri ke tiga ini tidak kalah penting. Kita sebagai calon investor yang akan menanamkan modal, dana atau aset ke suatu tempat harus cermat.

Caranya adalah dengan mengecek apakah kegiatan usaha lembaga tersebut sudah mengantongi izin dari instansi berwenang seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kegiatan usaha mengenai keuangan harus sesuai dengan izin yang dijalankan. jadi Anda jangan ragu apabila menemukan dan harus melaporkan apabila ada kegiatan investasi bodong ke OJK.

5. Menyerupai Money Game atau Skema Ponzi

Investasi bodong kerap sekali menjalankan Money game atau skame ponzi. Money game atau skema pozi adalah modus pemberian komisi atau Anda dimintai oleh mereka untuk melakukan perekrutan nasabah baru.

Jika Anda mengalami hal tersebut lebih baik langsung segera menghindar dan putus kontrak terhadap perusahaan investasi bodong tersebut agar tidak terjebak di dalamnya.

6. Dana Investasi Tidak Transparan

Ketika dana yang di investasikan kita harus tahu perusahaan investasi tersebut menggunakan dan mengelola dana untuk keperluan apa. Investasi yang terpercaya akan dikelola dengan jelas dan transparan.

Sebaliknya, investasi bodong akan berbelit saat ditanya mengenai pengelolaan dana, keperluaan dana untuk apa dan tidak ada transparan. Anda harus curiga terhadap ciri-ciri tersebut karena merupakan investasi bodong.

Setelah mengetahui ciri-ciri investasi bodong diatas, telah menambah wawasan dan ilmu terhadap dunia investasi. Semoga Anda akan lebih berhati-hati dengan berbagai tawaran investasi yang tidak jelas.

Pilih lah investasi yang mempunyai progres yang jelas dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url