6 Jenis Investasi yang Paling Populer dan Menguntungkan

Ada banyak cara untuk mendapatkan passive income dengan mudah bahkan melalui internet. Diantaranya dengan menanamkan modal atau aset yang Anda miliki.

Anda mungkin pernah membaca atau mendengar kata investasi. Ada beberapa kisah sukses yang berhasil mempunyai passive income jutaan bahkan puluhan juta hanya melalui investasi. Mereka hanya hidup tanpa bekerja dan mengandalkan dari modal atau aset yang mereka miliki.

Kisah itu benar adanya, tidak mustahil jika Anda ingin coba berinvestasi. Namun, jangan salah kaprah dengan itu semua, tentu Anda harus paham dan teliti investasi mana yang Akan Anda pilih dan sesuai kebutuhan agar tidak berisiko merugikan. Ingat, Fundamental investasi sangat diperlukan sebelum memulai.

Sebelum Anda ikut serta untuk berinvestasi sebaiknya Anda harus tahu apa saja jenis-jenis investasi.

Jenis-Jenis Investasi yang Dapat Memberikan Keuntungan

1. Deposito

Deposito adalah produk bank yang sangat populer dan digemari oleh kebanyakan orag, hal ini dikarenakan pihak bank memberikan keuntungan bunga dan keamanan uang akan terjamin serta memiliki risiko terbilang rendah. Uang yang akan disimpan ini memiliki jatuh tempo biasanya dalam waktu 1, 3, 6,atau 12 bulan.

2. Saham

Saham adalah salah satu produk yang di jual di pasar modal. Pasar modal diciptakan dalam suatu negara untuk perbaikan ekonomi agar seluruh masyarakat bisa ikut serta dalam perekonomian dengan cara membeli bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan melalui pasar modal.

Tidak heran, saham saat ini sangat populer oleh kaum milenial. Cukup simpel, efisien dan cepat Anda hanya perlu internet maka Anda bisa melakukan pembelian saham di smartphone.

Dengan modal yang minim kita sudah bisa melakukan Investasi Saham dan risiko yang ditimbulkan sangat rendah. Jadi jika Anda memulai investasi saham perlu memilih aplikasi yang sudah terjamin dan di awasi OJK.

3. Obligasi

Obligasi merupakan produk yg cukup terkenal di pasar modal di indonesia. Obligasi sering disebut dengan surat utang jangka menengah maupun jangka panjang.

Dalam hal ini masyarakat bertindak seperti bank mengutangi perusahaan secara langsung dengan waktu tempo yang telah disepakati oleh kedua pihak.

Jika berinvestasi obligasi keuntungan atau bunga yang akan didapatkan akan lebih tinggi dibandingkan deposito. Tetapi, risiko yang didapatkan akan lebih tinggi. jadi, Anda perlu berhati-hati dalam memilih dalam berinvestasi.

Contoh Obligasi yakni Obligasi korporasi, Surat Utang Negara, Sukuk Koperasi dan Efek Beragun Aset.

4. Reksadana

Sering sekali kita mendengar kata reksadana. Apakah Anda tahu apa itu reksadana? Yap, Reksadana merupakan tempat penghimpunan uang yang akan dikelola oleh manajer investasi yang akan dibagi hasil sama rata.

Reksadana merupakan pilihan dari investasi dan sangat digemari oleh pihak investor baik itu pebisnis maupun masyarakat biasa.Hal ini dikarenakan modal yang diperlukan tidak besar. Anda harus paham bahwa betul cara kerja investasi reksadana ini. Jangan salah pilih ya!

5. Emas

Orang tua kita pasti suka menabung melalui membeli emas. Kenapa harus investasi emas? Karena sangat cocok untuk para pemula dan merupakan solusi yang aman, mudah, simpel dan risiko yang didapatkan terbilang rendah serta tidak perlu takut terkena dampak inflansi. Emas akan mengalami kenaikan nilai dari tahun ketahun.

Ada begitu banyak jenis emas di dunia ini. Diantaranya ada bentuk perhiasan, emas murni dan emas batangan. Jika Anda ingin berinvestasi emas dalam jangka panjang lebih baik membeli emas batangan murni karena kemurniaannya akan menentukan nilai yang tinggi.

6. Investasi Properti

Investasi properti sering juga disebut Investasi Aktiva Riil karena Investasi ini berwujud atau aset fisik nya dapat dilihat. Contoh investasi ini diantaranya: tanah, rumah, gedung atau apartemen. Jenis investasi properti sangat diperlukan modal yang sangat besar.

Nilai investasi ini akan tetap stabil bahkan akan mengalami kenaikan nilai dari tahun ketahun dan sangat menguntungkan, sehingga sangat cocok dijadikan investasi dalam jangka panjang.

Itulah jenis-jenis investasi pada umumnya yang dapat kita jumpai. Bagaimana Anda sudah paham dan apakah sudah menentukan jenis Investasi mana yang akan dijalani. Pilihlah investasi yang sesuai dengan modal dan kebutuhan Anda.

Semoga Anda bisa memulai investasi dengan cara yang tepat, sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau passive income kedepannya. Terimakasih sudah membaca di artikel ini semoga bermanfaat. Investasi ? Siapa takut!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url