5 Tips Investasi yang Tepat dan Aman untuk Investor Pemula

Siapa yang tidak mau mempunyai kemapanan finansial sejak dini, semua pasti mendambakan finansial yang mapan sejak dini dan memimpikan keadaan finansial yang cerah serta tidak mengalami kesulitan di masa tua.

Agar Anda terhindar dari kesulitan finansial, sebaiknya menyisihkan beberapa pendapatan atau masukan. Salah satu cara yakni berinvestasi. Investasi saat ini merupakan gaya hidup yang di minati oleh kaum milenial. Investasi tidak harus dengan modal yang besar, paling sedikit hanya modal 100.000 Anda sudah dapat berinvestasi.

Di zaman yang penuh kecanggihan dan dunia digital berkembang begitu sangat pesat yang memungkinkan kita semua untuk mendapatkan kemudahan akses informasi. Dengan kemudahan akses informasi ini lah yang juga memberikan dampak cukup besar dalam sejarah investasi.

Anda dapat mengakses informasi serta menanamkan modal investasi hanya melalui gawai Anda miliki dan sudah tersebar di berbagai platform digital, cukup satu klik maka Anda sudah dapat berinvestasi.

Ada banyak jenis investasi yang disediakan berbagai platform dengan modal terjangkau yang dapat Anda pilih. Misalnya, investasi saham, reksa dana, obligasi ritel, hingga emas dan logam mulia.

Jadi, penting bagi Anda untuk harus memiliki pemahaman, pengetahuan yang lengkap serta mendalam untuk mencapai tujuan investasi.

Cara Berinvestasi yang Tepat dan Aman bagi Pemula

Bila Anda ingin berinvestasi berhasil, Anda harus memperhatikan beberapa aspek agar tidak salah mengambil keputusan dalam berinvestasi. Jangan melakukan investasi dengan tergesa-gesa dan harus disertai dengan pemahaman atau riset yang mendalam, termasuk mengenai objek investasi yang paling potensial untuk dipilih.

1. Mulai Dari Sekarang

Yuk berinvestasi mulai sekarang, tidak perlu menunda-menunda atau berpikir panjang untuk berinvestasi. Sekarang lebih mudah, nyaman dan efisien di era digital dalam bertransaksi.

Melalui media elektronik smart phone yang Anda miliki cukup dengan satu jari Anda sudah dapat melakukan investasi. Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal kecil hanya 100.000 rupiah.

Tidak perlu modal yang sangat besar untuk memulai berinvestasi, jangan menunggu mapan untuk memulai tapi berinvestasi lah agar mapan dikemudian hari. Tidak ada kata terlambat untuk memulai berinvestasi. berapapun umur Anda mulai lah berinvestasi.

2. Mulai dengan Investasi Kecil

Mulailah dengan modal sedikit demi sedikit, untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda. Ingat tak perlu menunggu Anda banyak uang atau gaji besar baru mulai investasi.

Anda bisa investasi dengan modal 100.000 rupiah. Bahkan investasi seperti membuka tabungan emas, Anda bisa mulai dengan modal 10.000 rupiah. Yakni melalui program tabungan emas di beberapa platform e-commerce.

Kuncinya, sempatkan untuk investasi. Sisihkan uang di awal untuk investasi. Kalau perlu buatlah budget khusus untuk investasi, yakni 10% dari gaji Anda khusukan untuk dana investasi. Jangan di tunda-tunda ya. Daripada buat belanja kebutuhan konsumtif lebih baik Anda investasikan untuk masa depan.

Sebagai contoh, apabila Anda tertarik dengan saham atau reksa dana, maka pilih saham/reksa dana dengan performa yang baik selama lima tahun terakhir. Selain itu, tingkatkan ilmu Anda tentang tips investasi saham dan reksa dana untuk pemula dari internet.

3. Jangka Waktu Investasi

Anda harus menentukan seberapa lama jangka waktu investasi yang ingin Anda lakukan. Sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah untuk kebutuhan jangka pendek, atau jangka panjang.

Hal ini sangat nenentukan apakah jangka waktu yang akan Anda pilih. Dalam berinvestasi harus mempertimbangkan ketersediaan dana yang akan Anda keluarkan untuk berinvestasi.

Jika dana yang Anda miliki tersebut sudah dikhususkan untuk investasi, lebih baik memilih investai jangka waktu yang panjang karena returnnya yang diberikan tentu lebih besar.

Jika Anda memiliki dana terbatas atau modal yang sedikit, uang yang Anda investasikan bisa jadi sewaktu-waktu dibutuhkan atau disebut sebagai dana darurat, ada baiknya memilih investasi jangka pendek.

4. Tentukan Tujuan Investasi dari Awal

Sebagai investor, Anda harus sudah tahu apa tujuan berinvestasi. Apakah tujuan investasi untuk dana pernikahan, pendidikan, membeli rumah, tanah, apartemen atau kepentingan lainnya.

Menentukan tujuan investasi dari awal begitu sangat penting, apabila melakukan investasi jangka panjang atau pendek tidak direncanakan dari awal tentu akan berpengaruh terhadap beberapa keputusan. Tujuan ini lah akan menjadi patokan kemana arah investasi yang akan Anda lakukan.

Nah tujuan investasi ini akan memberi pengaruh terhadap beberapa keputusan, seperti jenis investasi dan platform e-commerce investasi yang akan dipilih. Jadi, Anda harus berpikir untuk memberi keputusan terhadap tujuan investasi yang akan Anda jalani.

5. Pilih Platform Investasi

Dengan adanya Perkembangan dunia digital yang semakin mudah dan efisien mememudahkan orang-orang untuk berinvestasi. Sekarang sudah ada banyak jenis platform digital yang dapat memfasilitasi investasi online.

Jika Anda sudah memilih jenis investasi apa yang tepat ingin di pilih, sekarang Anda perlu memilih platform apa yang akan dipakai.Ingat jangan sampai salah memilih platform, pilih lah yang sudah memiliki reputasi sangat bagus dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah mengetahui beberapa cara investasi atau tips dan trik yang sudah di bahas maka tidak ada alasannya bagi Anda untuk tidak menyisihkan uang dalam berinvestasi.

Kita harus mempunyai tabungan atau simpanan dalam bentuk investasi. Sekarang dengan modal yang minim kita sudah dapat ikut serta dalam berinvestasi.

Itulah beberapa gambaran cara investasi. Cukup sederhana, tapi Anda perlu memperdalam ilmu pengetahuan cara mengatur keuangan pribadi, produk keuangan dan investasi lainnya secara gratis disini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url