Apa itu Podcast

Panduan Lengkap Menjadi Podcaster

Kalau anda pernah mendengarkan radio, artinya podcast ini sebenarnya sudah tidak asing untuk anda.

Ini pengertian podcast menurut saya.

Podcast adalah rekaman audio yang diunggah ke internet dan bisa didengarkan oleh banyak orang secara online.

Mirip seperti radio.

Perbedaan yang paling mendasar hanya terletak pada teknik distribusi dan isi konten.

Secara teknik, radio didistribusikan melalui pemancar sinyal analog lalu diterima oleh antena dari setiap perangkat yang mendukung fitur radio, kemudian bisa didengarkan oleh kita.

Sedangkan podcast, didistribusikan dengan jaringan internet melalui platform penyedia layanan podcast seperti Apple Podcast, anchor.fm, spotify, dll, kemudian bisa didengarkan oleh kita sebagai pengguna platform tersebut.

Kalau dari segi isi konten, umumnya radio lebih “formal” dan disiarkan langsung, sedangkan podcast lebih santai, individual dan tidak disiarkan secara langsung. Siapapun bisa membuatnya.

Untuk perbedaan lainnya antara podcast dengan radio, bisa anda baca disini.

Apa itu Podcastmenurut Apple Inc.

Podcast merupakan episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya berupa rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga berupa rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.

Sedikit lebih panjang, tapi ya itulah pengertian podcast yang sebenarnya.

Mungkin anda bertanya, “kenapa menurut Apple?” atau “apa hubungannya podcast sama Apple?”. Berikut ini sejarahnya.

Sejarah Podcast

Podcast berasal dari singkatan “iPod” dan “Broadcasting”. iPod sendiri merupakan salah satu produk terlaris milik perusahaan Apple Inc. (Brand teknologi ternama, yang saya yakin anda sudah mengetahuinya).

Meskipun layanan ini terdengar seperti sebuah produk baru di Indonesia, akan tetapi pada faktanya Podcast sudah ada sejak tahun 2005 bersamaan dengan dirilisnya iPod dan iPhone oleh Apple Inc.

Contoh Podcast

Sekali lagi, podcast itu mirip dengan radio.

Kalau di radio kita biasa memilih frekuensi yang sesuai dengan kesukaan kita, di Podcast pun sama, bahkan lebih detail. Kita bisa memilih topik bahkan podcaster (penyiar) yang sesuai dengan kebutuhan kita atau istilahnya “playable on demand”.

Berikut ini contoh podcast yang berada di urutan teratas dalam kategori Business.

Contoh Podcast

Selain kategori ini, anda bisa temukan ratusan bahkan jutaan podcast dari seluruh dunia dengan berbagai macam kategori seperti kesehatan, komedi, produktivitas, dll.

Selain kemudahan dan keleluasaan kita untuk memilih topik yang sesuai dengan kebutuhan kita, berikut ini ada 5 manfaat dan kelebihan podcast.

Manfaat dan Kelebihan Podcast

1. Bisa didengarkan kapan dan dimana saja.

Bagi orang-orang yang memiliki banyak pekerjaan, podcast bisa menjadi solusi untuk tetap memberikan nutrisi bagi otak agar tetap mendapatkan insight positif di tengah kesibukannya. Misal sambil masak, fitness, dll.

2. Banyak Pilihan Podcast

Seperti yang tadi saya sampaikan, ada ribuan bahkan jutaan podcast dari seluruh dunia yang bisa kita dengarkan. Kita bisa belajar dan mencari tau informasi apapun hanya dengan gadget, secara Gratis.

3. Sedikit Iklan

Meskipun gratis, podcast tidak banyak iklan seperti di YouTube atau platform lainnya. Dengan begitu kita tidak ter-distraksi dan tidak perlu ribet untuk skip iklan.

4. Self Management

Kita punya hak penuh untuk mengatur podcast mana yang ingin kita dengar, mendapatkan notifikasi kalau ada episode terbaru, atau mendowload dan menghapus podcast yang sudah kita dengarkan.

5. Menghasilkan Uang

Ini poin yang paling menarik. Banyak yang tidak tahu kalau podcast itu juga bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Silahkan lanjutkan membaca panduan ini sampai selesai.

Cara Memulai Karir sebagai Podcaster

Podcaster adalah sebutan bagi mereka yang berprofesi sebagai pembuat podcast, seperti istilah Blogger ataupun YouTuber.

Berikut ini langkah-langkah memulai karir sebagai seorang podcaster (sukses).

Langkah 1: Membuat Podcast

Hal yang harus anda lakukan pertama kali untuk menjadi seorang Podcaster tentu saja membuat Podcast.

Meskipun pada sejarahnya podcast ini tersedia bagi pengguna produk Apple Inc. namun pada perkembangannya saat ini sudah bermunculan berbagai macam platform yang bisa kita gunakan untuk mempublikasikan podcast kita seperti Spotify, Google Podcast, RadioPublic, dll.

Dari sekian banyak platform, saya rekomendasikan anda untuk menggunakan Anchor.fm (ini yang saya gunakan).

anchor podcast

Silahkan baca alasan kenapa saya memilih Anchor.fm sebagai platform podcast saya.

Langkah 2: Mendapatkan Listener

Untuk belajar secara intensif tentang traffic generation, saya sudah menyediakan program pelatihannya yang bisa anda ikuti di kelas premium Optimizer Indonesia.

Langkah 3: Mendapatkan Uang dari Podcast

Hal ini jarang dibahas karena memang masih belum populer di Indonesia. Banyak orang mengira bahwa podcast ini tidak bisa menghasilkan uang seperti Blog atau YouTube yang bisa didaftarkan program Google AdSense.

Tapi mindset semacam itu menurut saya keliru.

Faktanya, ada 3 hal utama yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari Podcast.

1. Menjual Produk/Jasa

2. Menjadi Affiliate Marketer

3. Menyediakan Spot Iklan

Penutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Share This