Cara Membuat Website

Cara Membuat Blog (dan Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah)

Apakah anda sedang mencari cara membuat blog yang mudah dan cepat?

Di panduan ini saya akan ajarkan kepada anda, bagaimana caranya membuat blog yang mudah, dan bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. (Dilengkapi gambar dan video tutorial)

Langsung praktek membuat blog? Lompat ke tutorial.

Nama saya Bob Setyo, saya adalah orang di balik Digital Optimizer Indonesia. Saya menekuni bidang web development sejak tahun 2015, dan alhamdulillah berbagai project website dan dari berbagai negara pernah saya kerjakan.

Seperti kita tahu, website saat ini adalah aset wajib bagi para pemilik usaha, instansi, komunitas, bahkan bagi seseorang (personal).

Tingginya kebutuhan masyarakat akan website membuat harga jasa pembuatan website kian hari kian meninggi. Umumnya untuk sebuah website professional seperti company profile, toko online dan website personal, dibandrol dengan harga 1 – 5 juta rupiah. Itu yang standart.

Apakah itu mahal? relatif.

Tapi menurut saya harga segitu cukup affordable, mengingat harga hosting, domain, serta jasa web design yang diberikan oleh web developer. Tentu kita tidak bisa memaksa mereka untuk memberikan harga yang lebih murah.

Oleh sebab itu, untuk anda para pelaku bisnis kecil-menengah, atau pegawai instansi yang memiliki budget terbatas, serta siapapun yang sedang membutuhkan website untuk segala keperluan (selain perbuatan dosa), saya berikan alternatifnya melalui panduan ini.

Sehingga anda bisa menghemat pengeluaran untuk membayar jasa web developer, dengan cara membuat website anda sendiri.

Panduan gratis ini setara dengan anda belajar membuat website di kursus yang harganya jutaan rupiah, maka dari itu mohon untuk tidak menyalah-gunakan ilmu yang sudah saya bagikan secara cuma-cuma.

…dan semoga bermanfaat, Aamiin.

Kalau anda mendapatkan kesulitan dalam membuat website, anda bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah atau hubungi saya via email, saya akan membantu anda.

Apa itu Blog?

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Kenapa Anda Harus Punya Blog?

  1. Dapat diakses 24 jam
    Sebuah situs web dapat diakses dalam 24 jam × 7 hari – Akhir Pekan, Liburan, dan sebagainya, ini memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan penjualan
  2. Meningkatkan Image bisnis anda
    Tampilan desain web yang baik adalah cara yang baik untuk menanamkan kepercayaan dimata pelanggan/calon pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.
  3. Update informasi product
    Anda dapat membuat up-to-date informasi produk tersedia bagi pelanggan di seluruh dunia, sepanjang waktu. Dengan website akan lebih mudah, murah dan cepat untuk memperbarui daripada dicetak brosur dan daftar harga atau katalog, dan website kapasitasnya hampir tak terbatas, sehingga Anda dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif. Anda dapat menghemat uang untuk biaya pencetakan brosur dan juga distribusi.
  4. Dapat memperluas pasar
    Gunakan Web untuk memperluas pasar Anda. Jika Anda ingin perdagangan internasional, atau bahkan nasional, dan pelanggan Anda memiliki akses ke Internet, Web memungkinkan biaya yang paling efektif untuk melakukannya.
  5. Selangkah lebih maju dari kompetitor
    Dengan mempunyai website, anda berada selangkah di depan para competitor anda yang belum memilikinya. Segera onlinekan website anda sebagai yang pertama

Berapa Biaya Pembuatan Blog?

Hosting

Domain

Theme

Plug-in

Jasa

Simulasi

Langkah-langkah Membuat Blog

Dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini anda hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk membuat blog.

  1. Menentukan Niche Blog
  2. Membeli Domain & Hosting
  3. Menginstal WordPress
  4. Menginstal Divi Theme
  5. Menginstal Visual Builder
  6. Mengkonfigurasi Blog
  7. Membuat Postingan Blog

Mari kita mulai.

1. Menentukan Niche Blog

a. Website Perusahaan

b. Website Toko Online

c. Website Komunitas

d. Website Sekolah

e. Website Desa

f. Website Pribadi

Dari kelima tahapan pembuatan website, menentukan jenis website merupakan tahap paling vital yang harus anda lakukan.

Sebab masing-masing website memiliki kebutuhan yang berbeda, seperti kapasitas hosting, nama domain serta tampilan (desain) dari website itu sendiri.

Kalau anda salah di tahapan ini, tahap-tahap berikutnya juga akan kacau. Jadi pastikan anda sudah memilih jenis website yang tepat sebelum anda mulai membangunnya.

Mari kita masuk ke pembahasan teknis.

2. Membeli Domain & Hosting

Apa itu Hosting

Apa itu Domain

Tips Memilih Nama Domain

Cara Membeli Hosting dan Domain

Hosting dan Domain adalah syarat wajib untuk membuat website. Disinilah anda harus berinvestasi.

Jangan khawatir, kalau anda serius dalam membangun website anda untuk menghasilkan uang, biaya sewa hosting dan beli domain itu menjadi sangat murah sekali.

3. Menginstal WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang bisa dipakai untuk membuat website.

Meskipun ada banyak CMS lain yang punya fungsi sama, tapi disini saya sarankan anda untuk menggunakan WordPress saja, karena

Kenapa Memilih WordPress

a. Gratis

b. Mudah Dikustomasi

c. SEO Friendly

d. Mudah Dimanage

e. Aman

f. Support banyak media

Cara Menginstal WordPress melalui Dashboard Niagahoster

4. Menginstal Divi

Apa itu Divi

Kenapa Memilih Divi

Cara Menginstal Divi

Tools selanjutnya yang akan kita gunakan untuk memudahkan kita dalam membangun website adalah Plug-in.

Ini adalah fakta, kenapa saya mengatakan bahwa membuat website menggunakan wordpress itu mudah, salah satunya karena CMS ini menyediakan plug-in yang akan sangat membantu pemilik website untuk mengelola dan membangun websitenya.

5. Menginstal Visual Builder

Apa itu Visual Builder

Visual Builder Terbaik

Cara Menginstal Divi Visual Builder

6. Membuat Postingan Blog

Catatan: Bagi anda yang memiliki kuota internet banyak, anda bisa tonton video di bawah ini untuk belajar secara live cara membuat website. Durasi videonya cukup panjang, jadi kalau anda sedang berhemat, saya sarankan untuk membaca sampai habis artikel ini, intinya sama.

Sebagai Contoh : Website Perusahaan

a. Membuat Home page

b. Membuat About page

c. Membuat Contact page

Website Toko Online

Website Komunitas

Website Sekolah

Website Desa

Website Pribadi

7. Mengkonfigurasi Blog

Mengatur Halaman Homepage

Mengatur Permalink

Membuat Menu

Membuat Footer link

Selesai.

Selamat! Anda sudah berhasil membuat website pertama anda. Beritahu teman-teman anda kalau anda sudah bisa membuat website:

Click to tweet!

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membangun website anda.


FAQ

Saya gaptek, apakah tetap bisa belajar membuat dan menghasilkan uang dari blog?

Bisa. Tutorial ini saya buat secara sistematis dan praktis serta menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami (oleh pemula sekalipun). Selain itu saya juga menambahkan video yang bisa langsung anda praktekan.

Apakah tutorial ini bisa digunakan untuk membuat website toko online?

Tentu bisa, bahkan tidak hanya membuat website toko online. Dengan panduan ini anda bisa membuat berbagai jenis website seperti Website Perusahaan, Website Instansi (Sekolah, Desa, dll), Website Berita, Website Komunitas serta Website Personal (Blog).

Bolehkah saya menyebarluaskan panduan cara membuat blog ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.