Apa itu Investasi? Pengertian dan Manfaat Investasi

Sebelum kita bahas secara mendalam, Sebaiknya Anda harus siap menerima ilmu simpel dan sederhana dulu. Namun hal ini akan merubah kehidupan Finansial Anda dimasa akan datang.

Saat ini dengan mudahnya akses digital akan memberikan kita informasi lebih cepat. Tak mengherankan, makin kesini makin banyak investor baru yang bermunculan karena tergiur iklan dari internet.

Tapi perlu diwaspadai, beberapa youtuber, selebgram bahkan iklan yang berseliweran di sosial media, mereka memberi info dan memamerkan kepada penontonnya bahwa mereka adalah orang sukses dan tajir melintir berkat investasi, padahal sebenarnya hanya untuk keperluan marketing atau gimmick semata.

Jadi, penting bagi Anda terus berhati-hati dalam memilih investasi apa yang cocok yang akan Anda jalani.

Kenapa kita harus perlu paham arti dari investasi? Mungkin masih banyak diantara kita yang bertanya-tanya atau belum mengetahui arti dari investasi. Karena, mereka masih ragu dan bingung apakah investasi itu memberikan untung atau justru merugikan.

Kita akan bahas dari segi ekonomi, Investasi merupakan kegiatan yang dilakukan pemodal, pemodal akan membeli barang atau aset yang tidak akan di gunakan dalam waktu dekat.

Barang atau aset tersebut akan disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama, setelah melewati kurun waktu yang lama maka barang atau aset tersebut akan mengalami kenaikan nilai.

Atau Investasi juga disebut kegiatan penanaman modal atau mengandakan uang beserta aset yang kita miliki tanpa melakukan usaha. Artinya, Anda hanya perlu menanamkan modal atau aset ke orang lain atau suatu perusahaan atau lembaga tertentu dan menunggu modal Anda berkembang biak.

Contoh seorang investor yang sukses adalah Warren Buffet. Warren Buffet berasal dari Amerika Serikat memulai investasi dari umur sangat muda. jadi sangat wajar jika Warren Buffet memiliki total kekayaan fantastis dengan nilai US$ 100,5 miliar.

Manfaat dari Investasi

Investasi akan memberikan segudang keuntungan dan manfaat di masa akan datang, jadi perlu Anda untuk mengetahui apa saja manfaatnya. Berikut ini kami akan membahas manfaat dari investasi:

  1. Sebagai dana pensiun sebagai bentuk memenuhi kebutuhan mendatang yang lebih layak dan stabil.
  2. Dapat merubah gaya hidup yang konsumtif menjadi gaya hidup hemat.
  3. Tidak membutuhkan modal besar.
  4. Sebagai Passive Income.
  5. Meningkatkan nilai aset.
  6. Membantu perekonomian Indonesia dan mengurangi tekanan inflansi.

Anda tergiur dan mulai tergerak untuk memulai investasi?

Eits.., Tentu saja tidak mudah dan tidak sederhana di bayangkan namun mungkin saja kita bisa sukses di dunia investasi dengan pemahaman yang benar dan ilmu yang tepat.

Jadi jangan menunda-nunda ya, mulai saja dengan modal yang kecil, maka makin lama akan semakin besar keuntungan yang di dapatkan dan kehidupan finansial Anda kedepannya akan membaik.

Terimaksih sudah membaca ulasan di artikel ini, kami akan terus mengedukasi Anda mengenai dunia investasi dan masalah keuangan lainnya, tetap terus pantau ya informasi dari kami. Investasi? siapa takut!

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url